Tips Berikan Kesan Pertama Menarik, Taklukkan Wawancara Kerja di Dubai

Indonesia Satu Manajemen,
16 Mei 2022 - 2:4

Pertumbuhan pekerjaan sektor non minyak di Dubai mulai tumbuh setelah kota tersebut mengantongi tawaran menjadi tuan rumah World Expo 2020. Peningkatan kesempatan kerja luar biasa di seluruh bidang, seperti penerbangan, pariwisata, perhotelan, konstruksi dan masih banyak lagi.

Alhasil pencari kerja harus menghadapi persaingan ketat dan semakin sulit. Tapi, untuk memastikan keberhasilan dalam wawancara kerja, penting menciptakan kesan pertama yang baik. Begini caranya!

  • Tiba tepat waktu

Meskipun wawancara dan pertemuan biasanya tertunda, ketepatan waktu merupakan salah satu penilaian penting. Oleh karena itu, pastikan datang ke lokasi tepat waktu.

Biasanya mereka menghubungkan sikap on time dengan karakter lain, seperti disiplin, rajin dan menghargai. Umumnya datang ke tempat 10 hingga 15 menit sebelum jadwal yang ditentukan.

  • Berpakaian rapi dan cerdas

Tips ini sangat penting baik bagi kandidat perempuan maupun laki-laki. Dalam budaya Arab, berpakaian sopan dan sesuai bisa diterima dengan baik.

Jika tidak dapat memutuskan tentang apa yang harus dikenakan, ada baiknya mencari tahu kode etik berpakaian. Ini bisa ditanyakan langsung pada tim HRD atau orang yang telah berpengalaman sebelumnya.

  • Perhatikan cara menyapa

Salah satu poin yang dinilai saat proses wawancara adalah kepercayaan diri. Tunjukkan sikap ini dengan berjabat tangan, tidak berkeringat atau gugup. Namun demikian, Dubai memiliki aturan terkait ini, yang mana laki-laki dan wanita dilarang bersentuhan. Jika mereka mengulurkan tangan terlebih dahulu, patutnya dibalas. Tapi, apabila sebaliknya, cukup ucapkan salam sambil tersenyum.

 

Kesan pertama memberikan dampak besar untuk keberlangsungan karir. Maka dari itu, ikuti terus tips berikutnya, ya. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp